16 Sep 2011

Siapkan Bekalmu!

Seorang anak berkata pada ayahnya, tak lengkap lebaran kalau belum jalan-jalan. Sesuai kesepakatan, lebaran hari ketiga adalah saatnya untuk jalan-jalan ke beberapa objek wisata. Karena itu, sejak pagi sang anak sudah berbenah, termasuk menyiapkan bekal makanan dan minuman. Saking asyiknya mengemas perbekalan, ia tak menyadari kalau Ayahnya telah lama berdiri di belakang, memperhatikan.

" Kamu tidak lupa membawa mukena, kan?" tanya sang Ayah, mengejutkan sang bocah yang kini beranjak remaja.

" Lupa sih tidak, tapi sengaja nggak bawa, Yah!" jawab sang anak santai, khas anak seusianya.

" Lho, kenapa?"

" Nanti pinjam saja, Yah. Di sana ada kan?" jawab sang anak dengan ciri khas lainnya, sok tahu.

" Mungkin!" jawab Ayah tak yakin. " Tapi sebaiknya kamu bawa mukena sendiri saja!"

" Ayah…tas ku sudah penuh!" sahut sang anak manja.



" Nak, seberapa makan tempat sih mukenamu itu, nda lebih besar dari sebungkus snack, kan? Kurangi bekalmu, bawa seperlunya saja! "

Meski berat hati, sang anak pun menuruti perintah Ayahnya. Ia turunkan beberapa bungkus snack dan kembang gula kesukaannya.

" Anakku, kita hanya akan pergi berwisata tak lebih dari sepuluh jam. Tak perlu kamu membawa bekal sebanyak itu, di sana nanti banyak pedagang makanan dan minuman. Yang tak boleh kamu lupakan justru bekal untuk akhiratmu."

Sang anak terdiam. Ia tak paham dengan apa yang Ayah maksudkan.

" Dengar, anakku. Ayah menyuruhmu membawa mukena agar sholatmu tetap terjaga, sebagai bekal di akhirat. Di sana kelak bukan hanya satu atau dua hari, tapi selamanya, abadi. Tidak seperti di dunia, di sana tidak ada lagi kesempatan untuk berniaga. Kamu mungkin benar, di tempat wisata yang akan kita kunjungi nanti ada masjid atau mushola yang menyediakan mukena untuk para pengunjung. Tapi jumlahnya tentu tidak mencukupi , harus antri. Juga kita tidak tahu, apakah kondisinya masih bersih dan sah untuk sholat. Terkadang, kalau yang pakai orang banyak, kebersihannya kurang terjaga. Insha Allah, nanti kita akan sholat Dzuhur dan Ashar di lokasi wisata, jangan sampai ketinggalan sholat di waktu pertama hanya karena antri mukena. Jadi, siapkanlah bekal, terutama untuk akhiratmu!"

Featured post

Sebab Cinta Tak Harus Menangis

“ Aku bangga pada kalian. Kesabaran, ketegaran dan juga ketabahan kalian. Pertahankan, karena hidup harus tetap berjalan! “ sebuah sms mas...

 
© Copyright 2035 Ruang Belajar Abi
Theme by Yusuf Fikri