31 May 2012

Mendung Belum Tentu Hujan

Jika beberapa waktu yang lalu aku mendapatkan kesadaran dari sesuap nasi yang tak jadi dimakan, juga ikan yang terlepas dari genggaman, maka kali ini aku kembali mendapat kesadaran serupa dari kejadian berbeda. 

Adalah Fulan yang membuang seluruh air dalam penampungan miliknya demi  melihat mendung gelap menggantung. Tak ada masalah dengan air yang ia buang, tidak kotor dan tidak pula berbau. Ia hanya ingin menggantinya dengan yang baru.

Satu dua jam berlalu, mendung tak juga berubah jadi hujan. Bahkan hingga sore hari, ketika istri dan anaknya perlu mandi, sang mendung malah berlalu pergi. Tak ada hujan, tak ada juga air dalam penampungan. Terpaksalah Fulan membeli air dari pedagang dorongan.

Optimis dalam berikhtiar memang perlu, bahkan penting. Tapi jangan sampai membuat kita lupa pada satu yang justru sangat menentukan berhasil tidaknya ikhtiar yang diupayakan. Adalah Allah yang Maha Menentukan, Maha Mengijinkan, apakah usaha yang dilakukan berbuah keberhasilan ataukah sebaliknya, kegagalan. 



Apa yang terlihat mata seringkali membuat kita merasa yakin bahwa keberhasilan sudah pasti milik kita. Sekali lagi, optimisme itu penting tapi tidak kalah penting selain usaha adalah doa, serta menyandarkan hasil yang kita upayakan kepada Yang Maha Segalanya. 

Siapkan rencana cadangan, juga strategi baru untuk mengantisipasi bila kegagalan terjadi. Jangan terburu-buru menyimpulkan, seolah kita yang menentukan. Kita hanya wajib mengupayakan, Allah yang menentukan. 

Seperti sesuap nasi yang tak jadi ditelan, ikan yang terlepas dari genggaman, mendung yang terlihat hitampun belum tentu akan menjadi hujan. Pengamatan kita boleh saja menyimpulkan, tapi yang terjadi tidaklah selalu demikian. Terkadang, hujan justru turun disaat mendung tak seberapa menggantung. 

“Jadi, jangan dulu dibuang air dalam penampungan sebelum benar-benar turun hujan karena sekali lagi, mendung belum tentu hujan.”



Featured post

Sebab Cinta Tak Harus Menangis

“ Aku bangga pada kalian. Kesabaran, ketegaran dan juga ketabahan kalian. Pertahankan, karena hidup harus tetap berjalan! “ sebuah sms mas...

 
© Copyright 2035 Ruang Belajar Abi
Theme by Yusuf Fikri