27 Oct 2011

Kontes Menulis Endorsement for Abi Sabila

Endorsement atau beberapa orang menyebutnya dengan testimonial, belakangan semakin marak dalam dunia perbukuan. Berbeda dengan kata pengantar yang berisi pujian, kritikan, ulasan ataupun analisis tentang isi buku, ataupun resensi yang biasanya mengulas plus minus dari sebuah buku, maka endorsement bisa dikatakan bermakna pengesahan, persetujuan yang terdiri dari beberapa kata yang tidak terlalu panjang ( terkadang bermajas hyperbola ) yang diberikan oleh pihak yang dipercaya memiliki kapabilitas untuk mengomentari sebuah tulisan ( buku ). Misalnya, 

“ …Ditulis menggunakan kata hati,sehingga terasa menyentuh hati…”
( Erbe Sentanu, Penulis Buku Quantum Ikhlas dalam buku Negeri 5 Menara )

“ Ciri khas Tere-liye. Novel sederhana tapi menyentuh nilai-nilai kemanusiaan..Mengharukan sekaligus melegakan.”
( M. Jusuf Wibisana, Chairman Pricewaterhouse Coopers Indonesia dalam buku Bidadari-Bidadari Surga )


Dalam rangka mensyukuri terpilihnya blog sederhana dan serba seadanya ini sebagai satu dari lima pemenang event Book Your Blog yang diadakan oleh Leutika Prio beberapa waktu lalu, maka saya mengajak sahabat untuk memberikan sebuah endorsement di buku pertama saya yang saat ini sudah memasuki tahap persiapan penerbitan. 

Seperti tema yang diusung dalam event tersebut, maka buku yang insha Allah akan segera diterbitkan ini pun berisi beberapa tulisan yang diambil dari blog ini. Dengan demikian, tanpa harus melihat draft naskah bukunya, cukup dengan menjadikan blog ini sebagai referensi, sahabat sudah bisa memberikan sebuah endorsement. Apalagi sahabat yang rajin silaturahim dan membaca blog ini, pasti sudah memiliki opini tersendiri terhadap tulisan ataupun gaya menulis saya. 

Mengapa saya mengajak sahabat untuk memberikan endorsement? Saya berpendapat, selaku blogger, sahabatlah yang lebih mengenal ( tulisan ) saya. Dan karena sahabatlah saya bisa melangkah sampai di tahap ini. 

Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, kontes menulis yang sempat saya singgung pada postingan sebelumnya, saya nyatakan dibuka. Berikut ketentuan untuk mengikutinya; 

1. Peserta
• Blogger RI, dimanapun bertugas dan berada. Khusus untuk sahabat yang saat ini berada di luar negeri, wajib memiliki alamat di Indonesia untuk memudahkan pengiriman hadiah apabila nanti terpilih sebagai pemenang.
• Memiliki blog berbahasa Indonesia.
• Untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua sahabat, setiap blogger hanya diperkenankan menyertakan satu endorsement.

2. Penulisan
• Endorsement ditulis di blog masing-masing, dengan menggunakan bahasa Indonesia.
• Judul postingan dibuat sama, “Endorsement for Abi Sabila”.
• Panjang endorsement maksimal 50 kata.
• Tuliskan nama dan profil singkat sahabat di akhir endorsement. Contoh: blogger, ibu rumah tangga, karyawan swasta, guru/dosen, pelajar/mahasiswa, penulis dan lain sebagainya. Khusus untuk penulis, diperkenankan menyebutkan satu judul buku yang telah diterbitkan.
• Setiap peserta wajib memasang gambar Endorsemet 4 Abi, boleh di halaman postingan ataupun di side bar.
• Pada bagian akhir postingan, tutup dengan kalimat “Artikel ini diikutsertakan pada Endorsement for Abi Sabila”.
• Pada kata Endorsement for Abi Sabila, pasang link hidup ke postingan ini, agar memudahkan juri untuk melacak artikel sahabat.
• Untuk lebih jelasnya bisa lihat contohnya di sini.

3. Pendaftaran
• Daftarkan endorsement yang telah dipublish di blog sahabat melalui komentar postingan ini, dengan format sebagai berikut;
o Nama : Fulan
o Url : http://www.abisabila.com/2011/10/contoh-endorsement-for-abi-sabila.html


Berhubung dengan adanya beberapa keluhan dari sahabat yang kesulitan mendaftar ataupun meninggalkan komentar melalui form disqus, maka pendaftaran kontes menulis bisa juga dilakukan melalui form ShoutMix.

4. Waktu Kontes
• Pendaftaran dimulai sejak postingan ini dipublish.
• Pendaftaran ditutup tanggal 4 November 2011 pukul 23.59 WIB.
• Pengumuman hasil kontes paling lambat tanggal 11 November 2011 ( insha Allah ).

5. Pemenang dan reward
• Akan diambil 3 ( tiga ) endorsement terbaik. ( Penjurian final akan dibantu oleh pihak Leutika Prio selaku penerbit buku dan juga Mbak Anazkia ).
• Masing-masing pemenang akan mendapatkan reward berupa;
o Endorsement terpilih akan dicantumkan dalam buku, termasuk link blog sahabat sehingga secara tidak langsung sahabat telah mempromosikan blog masing-masing.
o 1 ( satu ) buah buku saya yang sekarang ini sudah memasuki tahap persiapan penerbitan. Dengan demikian, sahabat termasuk orang pertama yang akan mendapatkan buku ini. Insha Allah.

6. Tips
Meski sebuah endorsement bisa mempengaruhi ‘nilai jual’ sebuah buku, namun endorsement yang jujur dan wajar menjadi tolak ukur penyeleksian. Bagaimanapun juga, endorsement yang berlebihan justru dapat memberikan dampak negative terhadap buku itu sendiri. Sangat tepat sebuah ungkapan yang menyebutkan “ Jangan melebih-lebihkan sesuatu yang biasa saja. Namun jangan pula membuat biasa sesuatu yang sebenarnya luar biasa."
 
Sahabat mempunyai pengalaman menulis endorsement? Jika belum, sekaranglah waktunya. Jangan ragu, dan jangan pula malu!

Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasi sahabat semua. Selamat berikhtiar!

Kontes ini terselenggara atas kerja sama Abi Sabila dan Leutika Prio

Featured post

Sebab Cinta Tak Harus Menangis

“ Aku bangga pada kalian. Kesabaran, ketegaran dan juga ketabahan kalian. Pertahankan, karena hidup harus tetap berjalan! “ sebuah sms mas...

 
© Copyright 2035 Ruang Belajar Abi
Theme by Yusuf Fikri