20 Jul 2011

Makanan Sehat Selama Berpuasa

Ramadhan sebentar lagi, tinggal menghitung hari. Umat muslim di seluruh penjuru dunia selalu menunggu kedatangannya dengan gembira hati. Berbagai persiapan – baik lahir maupun batin - mulai dilakukan, menyambut datangnya bulan penuh barokah dan ampunan. Selain ibadah, puasa juga akan mengubah pola makan kita. Jika biasanya tiga kali, selama bulan puasa menjadi dua kali sehari, saat sahur dan berbuka. Karena itu, kita harus pintar dalam memilih menu makanan sehat selama berpuasa.

Agar tubuh tetap bugar selama berpuasa, kita perlu mengetahui makanan apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi maupun yang sebaiknya dihindari. Berikut beberapa menu makanan sehat yang coba saya rangkum dari berbagai sumber, semoga bisa melengkapi informasi yang telah Anda miliki.

Saat sahur;
1. Konsumsilah makanan yang mengandung kalori dan protein tinggi seperti nasi, telur, daging, ikan, dan sayuran hijau berbiji seperti buncis, kacang panjang, kacang polong dan juga oyong. Konsumsi pula buah-buahan, namun buah yang sifatnya diuretic seperti semangka, tomat, mentimun, dan wortel sebaiknya dihindari, karena makanan ini membuat cairan tubuh terus menerus keluar.

2. Hindari makanan pedas yang sifatnya merangsang panas dan menimbulkan keringat. Ini akan mengurangi kadar cairan dalam tubuh. Juga hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi, yang dapat memicu pemakaian energi lebih banyak sehingga membuat tubuh cepat merasa gantuk sebagai akibat kekurangan energi dan asupan oksigen ke otak.
Saat berbuka;
1. Mulailah berbuka dengan minuman yang manis serta hangat. Sirup, madu atau teh manis misalnya. Hindari hidangan es sebelum menyantap menu makanan utama karena dapat menyebabkan tertahannya rasa lapar dan menghilangkan selera makan sehingga asupan nutrisi tubuh menjadi berkurang.
2. Untuk makanan, sebaiknya konsumsilah makanan yang mudah untuk dicerna seperti kurma, pisang goreng atau kolak. Dengan begitu, kadar gula darah akan berangsur normal. Tetap konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran serta kurangi makanan berlemak dan berminyak.

Demikian beberapa informasi tentang makanan sehat untuk menjaga agar badan tetap fit sehingga puasa dan ibadah lainnya bisa kita jalankan dengan optimal. Tapi selain makanan untuk jasmani, penuhi juga ‘makanan sehat’ untuk ruhani. Perbanyaklah berzikir, mengingat Allah,  sedekah dan hindari hal-hal yang bisa mengurangi atau bahkan membatalkan pahala puasa kita. Datangi majelis pengajian, baca buku-buku referensi, perluas ilmu tentang puasa, agar puasa yang kita lakukan bernilai ibadah, bukan sekedar menahan lapar dan dahaga saja. 

Artikel ini diikutkan dalam kontes Aduk dengan keyword "makanan sehat" yang diadakan  di BlogCamp.


Featured post

Sebab Cinta Tak Harus Menangis

“ Aku bangga pada kalian. Kesabaran, ketegaran dan juga ketabahan kalian. Pertahankan, karena hidup harus tetap berjalan! “ sebuah sms mas...

 
© Copyright 2035 Ruang Belajar Abi
Theme by Yusuf Fikri